Batu Tumpang Cikajang Garut Yang Indah

Awet muda kali ini ingin share kepada Anda tentang salah satu tempat wisata yang ada di Cikajang Garut yaitu Batu Tumpang Cikajang Garut. Cikajang termasuk salah satu kawasan Garut Selatan, yang garut selatan tersebut terkenal dengna pantainya yang indah. Untuk Informasi Wisata Pantai di Garut Selatan, Informasi pantai ini bisa Anda lihat DISINI!.

Informasi kali ini akan membahas dan memberikan informasi yang valid dan akurat serta objektif. Mengenai berbagai macam tempat tujuan wisata primadona dan cukup menarik di Kabupaten Garut. Walaupun kadang agak berbeda antara turis lokal dan tamu asing yang datang ke Garut dalam menentukan target wisata yang cocok untuk refreshing.

Batu Tumpang Cikajang Garut Yang Indah


Di Kabupaten Garut sebelah Selatan arah Menuju Pantai Santolo, ada tempat untuk liburan kumpul bersama keluarga. Yaitu Batu Tumpang yang terletak di Kecamatan Cikajang Kab. Garut.

Dengan cuaca yang dingin dan pemandangan alam yang begitu indah, akan menambah semangat dan kesan tersendiri bagi pengunjung Wisata Batu Tumpang. Batu tumpang merupakan sebuah batu yang menyurpai bukit kecil yang terletak di pinggir jalan raya antara cikajang-Pameungpeuk.

Batu Tumpang Cikajang Garut Yang Indah


Tempat Wisata Batu Tumpang ini kalau kita menuju dari kota garut, menempuh perjalanan 35 KM kurang lebih. kalau posisi kita sudah ada di Kota Cikajang tepatnya pas Pasar Induk Cikajang, kita hanya tinggal menempuh 6 KM lagi menuju ke Batu Tumpang tersebut.

Batu Tumpang merupakan sebuah tujuan bermain alternat yang terletak di daerah Cikajang Garut, tepatnya di wilayah perkebunan teh PTPN Giri Awas. Batu tumpang ini merupakan sebuah tebing gunung yang memiliki ketinggian 20 meter dengan dikelilingi area perkebunan teh hijau dengan nuansa kesejukan alamnya yang khas.

Daerah Batu Tumpang Cikajang Garut merupakan sebuah objek wisata yang cukup potensial apabila dikembangkan dengan baik oleh pihak terkait, dalam hal in pemerintah daerah Garut. Tak jauh beda dengan kawasan puncak cipanas Bogor atau daerah Lembang Bandung, Batu Tumpang pun memiliki karakteristik yang sama yakni dominasi kawasan perkebunan teh dan perbukitan yang banyak ditanami sayur-sayuran.

Wisatawan Yang Sering Berkunjung 


Kawasan ini sudah mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal khususnya dari daerah Garut dan Tasik, namun pada waktu akhir pekan daerah ini banyak dikunjungki juga oleh wisatawan luar daerah seperti Bandung dan Jakarta. Sayangnya potensi ini tidak disukung oleh sarana wisata yang memadai. 

Hanya warung-warung kecil yang menghiasi daerah wisata ini sebagai penunjang para pengunjung untuk meikmati suasana Batu Tumpang dengan jajanan-jajan alakadarnya dan bukan makanan khas.

Pemandangan sebelum kita memasuki kawasan wisata batu tumpang, kita akan di suguhkan beberapa pemandangan pedesaan yang begitu alami dan perkebunan teh Giriawas dan Pamegatan Cikajang. Bukit Wisata Batu Tumpang ini memiliki Ketinggian tidak lebih 100 M dari daratan di bawahnya. 

Banyak orang yang datang ke tempat Wisata Batu Tumpang baik orang Garut itu sendiri bahkan sampai luar Garut, seperti Bandung, Jakarta dan beberapa kota lainnya yang ingin melihat dan menikmati keindahan alam di sekitar tempat Wisata Batu Tumpang.

Pemandangan Batu Tumpang Cikajang


Sebenarnya, bila diperhatikan secara sekilas, tidak ada yang istimewa dengan batu besar tersebut, namun jika diperhatikan secara seksama hanya ujung batu tersebut yang menempel dengan tanah sehingga batu tampik miring. Mungkin karena hal itu pulalah masyarakat sekitar menyebutnya batu tumpang atau batu yang menempel. Yang menarik dengan tempat wisata batu tumpang ini terdapat warung-warung dan rumah makan sederhana yang menyediakan menu khas sunda seperti ayam goreng dan menu lainnya yang khas sekali dengan makanan sunda.

Konsep rumah makan di pinggir jalan dengan lesehan dan view alam pemandangan yang begitu indah dengan cuaca adem di sekitar wisata batu tumpang ini, ternyata bagi warga sekitar sukse membuat para pengguna jalan untuk berhenti dan singgah di tempat ini. Makanan di sekitar batu tumpang sangat sederhana dan murah meriah.

Batu Tumpang juga sering digunakan sebagai tempat latihan Rock Climbing atau panjat tebih oleh anak-anak pecinta alam. Tak ayal kegiatan seperti ini bisa menarik perhatian bagi para pengguna jalan dan para pengunjung di tempat wisata batu tumpang.

Namun Batu Tumpang Ini belum di kelola sebagai tempat wisata yang sudah di kelola oleh pemerintah atau perorangan, namun sudah banyak sekali para wisatawan yang berdatangan ketempat tersebut.

Jalan yang berbelok-belok mirip puncak Bogor, pemandangan ladang dan hamparan perkebunan teh yang hijau serta udara yang sejuk membuat batu tumpang menyimpan kenangan tersendiri di hati setiap orang yang mengunjunginya.

Komentar