Tips cara mengajari anak menulis

Cara mengajari anak menulis – dalam masa perkembangan anak memang harus di optimalkan, salah satunya dalam perkembangan anak menulis ini yang penting untuk di damping, pada masa ini jika anak tertinggal maka juga akan sulit untuk diajari, maka dari itu ketepatan pada masanya menjadi sangat penting.

Untuk Anda para orang tua tentunya harus tahu mengenai cara mengajari anak menulis diataranya yaitu:

  • Menulis Secara Bayangan

Pertama Anda sebagai orang tua bisa mengenalkan anak dengan cara menulis secara bayangan. Anda bisa melatih anak dengan membuat garis vertikal atau horizontal. Caranya bisa arahkan pensil yang sedang dipegang anak dengan cara membuat garis secara bayangan yaitu dengan menggunakan garis ke samping atau ke bagian atas. Anda bisa melakukan proses belajar tersebut sampai Anak lancar dan hasilnya bisa terlihat lurus.

  • Belajar mencoret-Coret

Berikutnya Anda bisa menyediakan kertas kosong seperti buku gambar, kertas hvs atau bisa menggunakan buku tulis. Dalam hal ini biarkan anak bisa berkreasi dengan pensilnya. Kemudian juga biarkan anak supaya bisa berimajinasi serta menuangkan semua dari imajinasinya ke dalam kertas. Jika proses tersebut sudah mulai rutin, maka kemudian anak akan menceritakan berkaitan dengan imajinasi apa yang sedang digambarnya. Dalam hal ini sebagai orang tua maka Anda harus memberikan apresiasi yang positif untuk membangun mental anak. Tujuan dari mencoret-coret ini yaitu supaya anak lebih terampil untuk menggunakan pensil dan bisa melatih koordinasi antara otak dan tangan anak.

  • Menebalkan Garis

Sebelum Anda masuk pada tahapaan untuk menulis huruf, dalam hal ini lebih baik mengawali pelajaran anak dengan cara menebalkan garis baik itu secara vertical ataupun secara horizontal. Dalam hal ini Anda biarkan anak untuk menebalkan atau menyambungkan garis-garis tersebut.

  • Menebalkan Huruf

Berikutnya yaitu denga menebalkan huruf, dengan cara ini akan lebih membuat anak bisa mengingat huruf dan lebih suka untuk melakukan pembelajaran merangkainya.

Nah beberapa cara diatas tentunya bisa Anda gunakan untuk memacu perkembangan menulis anak, untuk perkembangan yang lebih optimalnya maka bisa Anda berikan susu dancow sebagai pelengkapnya. Demikian informasi mengenai cara mengajari anak menulis semoga bermanfaat.

Komentar