Prestasi UI Sebagai International University Di Indonesia

Prestasi UI Sebagai International University Di Indonesia
Salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki predikat sebagai International University adalah Universitas Indonesia atau UI. Ya, Universitas Indonesia sebagaimana kita tahu bahwa institusi pendidikan ini sudah sangat lama berdiri dan sudah sangat banyak melahirkan orang – orang penting di negeri ini. Berbagai profesi dengan kedudukan dan jabatan yang tinggi ditempati oleh lulusan terbaik UI.

Berbagai instansi pemerintah dan perusahaan swasta berlomba – lomba mencari lulusan terbaik UI untuk bisa ditempatkan di instansi atau perusahaan tersebut. Pimpinan instansi dan perusahaan memiliki keyakinan bahwa lulusan UI bisa memberikan kontribusi nyata dan positif terhadap instansi atau perusahaan yang dipimpinnya. Demikianlah sedikit gambaran tentang Universitas Indonesia sebagai salah satu International University yang dimiliki oleh Indonesia. Semua siswa dsn siswi yang baru saja menyelesaikan studinya di SLTA berbondong – bondong memilih UI sebagai pilihan utama saat mereka akan mengikuti ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia.


Mengapa sebagian besar masyarakat Indonesia menginginkan untuk bisa kuliah di Universitas Indonesia ? jawabannya adalah bahwa UI memang merupakan universitas yang mana selain sebagai perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia juga sangat diakui oleh dunia internasional sehingga UI dianugerahi predikat sebagai International University.

Adapun penghargaan dunia internasional yang diberikan kepada UI sehingga Universitas Indonesia sangat pantas dikategorikan sebagai International University adalah sebagai berikut :

  • Universitas Indonesia tampil di rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi QS dan peringkat 67 Asia pada 2016, peringkat 79 Asia pada 2015, peringkat 71 Asia pada tahun 2014, peringkat 64 Asia pada tahun 2013, peringkat 59 Asia, dan peringkat 273 dunia pada tahun 2012, peringkat 50 Asia, dan peringkat 217 dunia pada tahun 2011, dan peringkat 50 Asia pada tahun 2010.
  • Universitas Indonesia tampil di rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi THES tahun 2008, 2009, 2015 dan 2016.
  • Universitas Indonesia rangking ke 250 di THES tahun 2006 sebagai Universitas berkelas dunia dan rangking 395 di THES 2007.
  • Universitas Indonesia tampil di rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi Webometric pada tahun 2016, rangking 3 pada tahun 2015 dan rangking 2 pada tahun 2014

Komentar