Cara Membentuk Karakter Anak

Cara Membentuk Karakter Anak
Saat ini memmbuat anak cerdas tidaklah sulit. Banyak tempat belajar atau sekolah yang menawarkan bimbingan belajar yang baik. Namun bagaimana dengan karakter mereka? Sepertinya bimbingan karakter sudah mulai terlupakan. Terbukti dengan banyak siswa yang pandai tapi sangat jarang siswa yang berperilaku sopan santun. Itu sebabnya hal ini perlu di dalami.

Membentuk karakter anak memang bukan sepenuhnya tugas pembimbing di sekolah, namun ada pihak lain yang lebih bertanggung jawab atas pembentukan karakter yaitu orang tua. Hal ini karena pembentukan karakter merupakan tugas utama orang tua. Contohnya saja perilaku sopan santun, orang tualah yang punya peran penting. 
Cara Membentuk Karakter Anak
Maka dari itu kali ini ada tiga hal penting yang perluu diperhatikan orang tua untuk membentuk karakter anak.

1. Konsisten
Hal yang pertama adalah sikap konsisten dari orang tua. Saat orang tua mengajarkan cara berbicara, bertingkah laku atau dalam hal pemikiran. Semua hal tersebut haruslah didasari atas usaha yang konsisten. Karena dengan tidak adanya usaha yang konsisten akan sia-sia. Tidak hanya tegas kepada anak tetapi juga tegas terhadap diri sendiri. Sehingga anda akan tetap berusaha membentuk karakter positifnya seperti perilaku sopan santun.

2. Berkelanjutan
Langkah kedua untuk membentuk anak dengan karakter positif adalah dengan memberikan usaha yang berkelanjutan. Anda tidak boleh menyerah pada satu hal saja. Ada banyak hal yang perlu diajarkan kepada anak anda sehingga usaha anda pun akan terus berlanjut.

3. Konsekuen
Saat anda memutuskan untuk mendidik anak anda untuk berperilaku positif, mungkin anda akan membuat aturan terlebih dahulu. Hal ini akan cukup sulit, tapi pahamilah bahwa ketika anda memarahi si kecil lalu dia menangis itu adalah bagian dari konsekuensi yang harus anda terima. Anda harus tegas memberi tahu mana yang baik dan mana yang salah.

Itulah 3 hal penting yang perlu diperhatikan orang tua dalam membentuk karakter anaknya menjadi pribadi dengan perilaku yang baik. Jangan lupa tetap dukung mereka dan berikan dua gelas susu Dancow setiap hari untuk perumbuhan dan perkembangannya.

Komentar