4 Tips Agar Anak Memiliki Kecerdasan Emosional


Saat orang tua berharap anaknya memiliki kecerdasan emosional, setidaknya 4 hal ini bisa dilakukan, diantaranya; memberi pengertian mengenai beragam emosi, hargai perasaan anak, melatih penyaluran emosi dan perubahan ini dimulai dari orang tua.

Memahami dan melatih kecerdasan emosional pada anak merupakan salah satu hal terpenting bagi pertumbuhan anak. Saat anda menginginkan emosional yang baik pada anak, anda mesti memperhatikan 4 tip berikut ini :

Memberi pengertian mengenai emosi. Salah satu cara hal yang perlu diperhatikan saat mengarahkan anak untuk memiliki emosional yang baik ialah dengan memberikannya pengarahan. Memberikan pengarahan bisa dilakukan dengan cara kreatif, baik dengan bercerita, mendongeng, menggunakan media video dan film pendek. Hal demikian efektif dan efisien agar anak bisa mengenal berbagai macam emosi.

Hargai perasaan anak dan berempati. Saat anak sedang dalam berbagai kondisi, hargailah keadaan tersebut. Pastikan bahwa anak merasa bahwa perubahan emosi merupakan sesuatu yang wajar. Dengan demikian, anak pun akan menghargai perasaannya sendiri, itulah hal yang sangat penting. Selain itu dengarkanlah keluh kesah anak baik itu dalam keadaan senang, sedih bahkan marah sekalipun.

Melatih penyaluran emosi. Saat anak dalam keadaan emosi tidak stabil, pastikan anda telah menunjukan media untuk penyalurannya. Seringkali orang tua bisa memahami kondisi anak, tapi tidak melakukan pelatihan atau pemahaman terhadap anak bagaimana cara penyaluran emosi yang baik.

Dimulai dari orang tua. Salah satu hal yang mesti dipahami orang tua dalam pertumbuhan anak ialah daya meniru. Saat anak-anak, kemampuan daya meniru sangatlah pesat. Dengan kondisi demikian, sangat mudah meniru kebiasaan orang tua dalam berbagai hal dan kondisi. Saat orang tua sering marah, kemungkinan anak untuk sering marah pun tinggi. Maka dari itu, berhati-hatilah setiap orang tua dalam bersikap. Hal terbaik saat mengajarkan emosional yang baik pada anak melalui orang tuanya. Pastikan orang tua untuk menjaga segala tingkah lakunya agar tidak ditiru anak.

Dari keempat poin diatas, itulah cara orang tua dalam melatih kecerdasan emosional anak. Emosional anak yang baik tentunya akan berpengaruh dan menjadi hal yang positif saat anak tumbuh besar. Pastikanlah anak anda memiliki hal itu untuk mendampingi kehidupannya sehari-hari.

Komentar