8 Fakta Menarik dari Buah Yuzu Citrus

8 Fakta Menarik dari Buah Yuzu Citrus
Selain imut dan menggemaskan dengan rasa yang mampu membuat orang mengedipkan mata karena asamnya, buah Yuzu citrus memiliki beberapa fakta menarik. Berikut delapan fakta menarik yang juga mengungkapan beberapa ciri ciri buah Yuzu citrus :

Aroma khas
Aroma yang dimiliki buah Yuzu ini memilki karakteristik yang sangat kuat. Karena aromanya ini, buah Yuzu citrus juga diolah menjadi parfum lho.

Bahan tambahan makanan
Buah-buahan sebagai bahan tambahan makanan sih sudah biasa ya. Tapi si Yuzu citrus ini berbeda. Cara penambahan Yuzu pada makanan adalah dengan menggunakan kulitnya yang telah diubah dalam bentuk serbuk dan ditaburkan di atas makanan.

Segar ketika beku
Untuk menjaga kesegarannya, buah Yuzu citrus bisa disimpan dalam keadaan beku lho. Di Jepang biasanya Yuzu dibekukan dan sesekali orang mencampurnya dengan olahan sashimi.

Selai Yuzu
Meski rasanya yang asam, buah Yuzu bisa dijadikan selai. Beberapa negara bahkan sudah mulai proses produksi selai Yuzu.

Mutiara Yuzu
Di Perancis, buah imut nan menggemaskan ini diberi julukan mutiara cair. Hal ini dimulai ketika seorang perancang makanan, Christine Le Tennier, menciptakan mutiara dari perasan buah Yuzu citrus.

Perisa makanan kemasan
Pada beberapa negara, khususnya di benua Asia, buah Yuzu sudah digunakan sebagai bahan tambahan produksi makanan kemasan. Salah satunya telah beredar produk wafer berperisa Yuzu di Jepang.

Minyak Yuzu
Banyak varian minyak yang dapat dihasilkan dari buah citrus Yuzu. Aroma Yuzu yang khas mengingatkan kita pada aroma jeruk lainnya. Mulai dari jeruk Mandarin, jeruk Bali hingga jeruk nipis.

Perisa minuman
Selain bahan tambahan pada makanan, Yuzu juga populer sebagai bahan tambahan pada minuman. Di negara-negara Eropa, Yuzu bahkan dijadikan perisa pda bir dan wine.

Ramen Yuzu
Salah satu kreasi makanan dari buah Yuzu adalah ramen. Afuri, sang kreator ramen Yuzu yang berasal dari Jepang bahkan sudah membuka cabangnya di Amerika.

Nah, itulah tadi sembilan fakta menarik tentang Yuzu. Semoga bermanfaat.

Komentar