3 Faktor Internal Pada Kulit Kepala Berketombe

3 Faktor Internal Pada Kulit Kepala Berketombe

Terkadang kesehatan kulit kepala jarang diperhatikan, sehingga sangat rentan timbulnya ketombe yang jika tidak diobatai akan mengurangi rasa percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain meskipun ketombe bukanlah penyakit yang serius. Ketombe bisa terlihat saat anda menggaruk kepala dan merapihkan rambut dengan sisir. 

Serpihan-serpihan putih yang turun dari kepala kemudian hinggap di sekitaran pundak, itu meruapakan ciri daripada ketombe. Jika telah ada ketombe di bagian kulit kepala, seolah-olah rasa gatalnya itu sangat enak sekali jika digaruk. Namun menggaruk bukanlah solusi menghilangkan ketombe, malahan menggaruk itulah yang akan menjadi penyebab ketombe bermunculan, hal tersebut diakibatkan karena lapisan kulit kepala yang selnya mati tidak sengaja terkelupas dan menjadi serpihan-seripan putih.

Terdapat beberapa faktor yang bisa memunculkan adanya ketombe dibagian kulit kepala, bukan saja karena faktor eksternal seperti sentuahan sisir atau alergi dari debu, tetapi faktor internal juga bisa menjadipenyebab adanya ketombe. Faktor internal tersebut akan kami uraikan 3 saja ya.

Rambut yang kurang terawat
Seseorang yang malas membersihkan rambut akan sangat rentan terkena ketombe. Mungkin saja ketombe tersebut bisa muncul akibat rambut yang kusam dan berminyak, dimana kesehatan rambut dapat mempengaruhi terhadap kekuatan akar. Jika akar rambut yang rapuh, kulit kepala juga akan mulai terkelupas dengan sendirinya dan akhirnya menumpuk di bagian kulit kepala menjadi ketombe atau dandruff.

Kulit kepala yang kering
Meskipun sekarang ini sedang pada musim panas, sebaiknya perhatian terhadap kesehatan kulit kepala dan rambut haruslah sangat diprioritaskan, jangan sampai kulit kepala anda menjadi kering dimana hal tersebut akan menjadi penyebab ketombe bermunculan disekitar kepala dan rambut anda.

Jamur Malassezia
Jamur ini bisa hidup dan muncul pada kulit kepala siapa saja. Pertumbuhan jamur ini akan berakibat gatal dan kulit kepala menjadi berketombe.

Ke tiga faktor internal itulah yang biasanya menjadi penyebab ketombe sering terjadi pada kulit kepala pria maupun wanita. Sebaiknya anda melakukan perawatan dengan selalu menggunakan shampo clear saat setiap kali keramas.

Komentar