Cara Mudah Menghafal Dengan Metode Mnemonic

cara mudah menghafal


Salah satu teknik dalam belajar yang sudah dipakai sejak zaman dahulu sampai dengan sekarang yaitu metode menghafal. Metode tersebut merupakan cara yang paling ampuh jika ingin mendapatkan hasil yang baik ketika ujian ataupun mampu lancar dalam tes. Akan tetapi tidak semua orang bisa dengan mudah untuk bisa menghafal, bahkan ada banyak orang yang sulit untuk bisa menghafal apalagi dengan cepat.

sebagian orang ada yang sudah mengetahui cara mudah menghafal, sehingga mereka bisa dengan cepat menghafal sesuatu agar mudah melewati ujian dan mampu menjawab setiap pertanyaan yang diajukan. Apalagi jika pelajaran yang diujiankan merupakan pelajaran yang bersifat hafalan seperti Istilah, peraturan, pendapat, dan lain sebagainya yang jelas harus mampu untuk dihafal.

Sebagai orang tua, anda semestinya memberikan bimbingan bagi anaknya untuk dapat menghafal dengan baik. Adapun cara mudah menghafal yang sudah teruji diantaranya yaitu Mnemonic. Cara ini merupakan metode menghafal yang bersifat abstrak, sehingga kata abstak yang akan dihafal bisa dibayangkan dalam kondisi sebuah benda nyata sehingga mampu untuk dapat dibayangkan. Cara mnemonic ini dikategorian ke dalam 2 cara yaitu :
  1. System gambaran
    Menghafalkan benda abstrak untuk digambarkan menjadi sebuah benda yang nyata adalah system pertama dari metode ini, seperti menggambarka Bandung dengan gedung sate, sedih dengan menangis, ataupun Garut dengan domba. Jadi ketika melihat gedung sate, maka akan langsung teringat kota Bandung dan itulah yang dimaksud dari system pertama ini.
  2. Persamaan bunyi
    System yang kedua dari metode ini adalah dengan persamaan bunyi sebuah kata, misalkan kota Medan dapat sama bunyi katanya dengan kata sedan, atau juga senang dengan kata renang. Serta masih banyak persamaan kata yang lainnya.

Dua cara tersebut merupakan kategori dari metode menghafal Mnemonic. Anda bisa mencoba untuk menggunakan cara tersebut ketika menghafalkan beberapa kata. Dan cara ini juga akan sangat baik jika diterapkan kepada anak, namun tentunya harus dibimbing dan dilatih terlebih dahulu agar mereka tidak merasa kaku dan mudah untuk menghafal.

Komentar