Tips Menghitung Usia Kehamilan


Kehamilan merupakan hal yang di idamkan oleh setiap pasangan suami istri agar mempunyai anak yang akan menjadi hasil dari buah cinta mereka. Tapi terkadang kehamilan menjadi sebuah hal yang merepotkan bila tidak tahu hitungan dalam usia kehamilan,misalnya kandungan seorang ibu hamil sudah meninjak usia 2 bulan, tapi wanita yang mengandung tidak menyadari bahwa kandungan nya sudah sangat tumbuh besar. lalu bagaimana cara menghitung usia kehamilan? berikut kami berikan tips nya dengan cara Menghitung Usia Kehamilan dengan HPHT.
Untuk dapat menghitung usia kehamilan berdasar HPHT, biasanya hanya dapat dilakukan oleh ibu hamil yang memiliki siklus haid normal dan teratur (28-30 hari). Untuk taksiran usia kehamilan berdasar HPHT dapat menggunakan rumus Neagele, rumus Neagele adalah rumus yang  menambahkan 7 pada tanggal pertama dari haid terakhir, kemudian mengurangi bulan dengan 3 dan menambahkan 1 pada tahunnnya, sedangkan untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3, misalnya Januari, Februari, dan Maret, maka bulannya ditambah 9, tapi tahunnya tetap tidak ditambah atau dikurangi. Selain dapat menghitung usia kehamilan, rumus ini juga dapat digunakan untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL), tetapi yang namanya perkiraan belum tentu benar dan biasanya bisa terjadi sesuatu yang lain yang mungkin bisa terjadi.
contoh:
Jika HPHT terakhir anda pada tanggal 12 april 2017, maka itung-itungannya adalah:
12 -04 - 2017
+     -    +
7     3    1
19 - 01 -  2018
Jadi, tanggal 19-01-2018 adalah taksiran HPL dan setiap tanggal 19 Anda bisa memastikan bahwa usia kandungan telah bertambah. contohnya ada tanggal 19 mei nanti usia kandungan anda telah bertambah 1 bulan, begitu pula dengan tanggal 19 selanjutnya maka usia kandungan anda bertambah 1 bulan.
Cukup mudah bukan Menghitung Usia Kehamilan dengan HPHT Anda tinggal mengingat tanggal terakhir Haid dan memasukkan rumus-rumus di atas untuk mengetahui hasilnya. Menarik untuk dicoba di rumah karena selain mudah juga tidak mengeluarkan banyak uang.