Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan

menghitung usia kehamilan

Setiap wanita yang sedang hamil sangat penting untuk mengetahui beberapa ciri dari suatu kehamilan serta untuk mengetahui usia kehamilan. Hal ini dapat membantu para ibu dalam menentukan perkiraan kelahiran sang buah hati ( HPL ). Jika anda sudah mengetahui perkiraan kelahiran buah hati anda, maka anda dapat mempersiapkan segala sesuatu yang akan anda butuhkan saat hamil serta melahirkan dengan lebih baik dan dapat mengontrol perkembangan janin di dalam kandungan dari bulan ke bulan, sebab beda usia kandungan beda pula kebutuhan dan pengontrolan yang dilakukan. Kurangnya pengetahuan bagi para calon ibu dan ayah dalam menghitung usia kehamilan membuat para calon ibu dan ayah menjadi kebingungan saat dihadapkan pada perhitungan usia kehamilan. Jika anda mengetahui cara perhitungan usia kehamilan yang tepat maka anda dapat mengetahui perkembangan dan pertumbuhan organ yang sedang terjadi pada sang buah hati di dalam kandungan anda sehingga anda dapat menentukan nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan oleh anda dan sang buah hati. Semua informasi tersebut dapat anda dapatkan hanya di dunia mamy yang menyediakan infrormasi penting tentang proses kehamilan.
Beberapa cara mudah yang dapat anda lakukan untuk dapat menghitung dengan akurat usia kehamilan anda diantaranya sebagai berikut ini.
  1. Anda dapat memeriksakan atau melakukan konsultasi kandungan anda ke dokter maupun ke bidang sesuai jadwal yang sudah direkomendasikan oleh dokter agar lebih akurat dalam mengetahui usia kehamilan anda.
  2. Metode kalender dapat anda gunakan dalam perhitungan usia kehamilan anda yang biasanya dilakukan dengan dua alat yaitu kalkulator penghitung usia kehamilan dengan cara memasukan hari pertama haid terakhir ( HPHT ) pada kolom yang sudah disediakan. Kemudian kalender hamil putar kalender yang basa digunakan di rumah sakit atau klinik.
  3. Perhitungan usia kehamilan dengan metode tinggi fundus Rahim yang biasa dilakukan dengan mengukur perkembangan janin.

Demikian ulasan tentang cara menghitung usia kehamilan yang dapat anda jadikan sebagai acuan dalam menentukan hari kelahiran buah hati anda.