Post Terbaru

Cara Penghitungan Skor Dan Penentuan Level Toefl ITP


Beberapa dari masyarakat Indonesia mungkin sudah pernah tes TOEFL sebelumnya, termasuk TOEFL ITP (Institutional Testing Program) yang mana TOEFL ini hanya digunakan untuk institusi dan wilayah lokal tertentu, selain itu juga tidak berlaku untuk seluruh negara di dunia. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki TOEFL ITP test center yang cukup banyak. Keberadaan TOEFL ITP test center biasanya ada di kota-kota besar dan di selenggarakan oleh institusi yang berhubungan dengan ilmu bahasa. Berikut cara penghitungan dan penentuan level Toefl ITP.
  • Penghitungan Skor
Pada dasarnya penghitungan TOEFL ITP menggunakan penghitungan manual yang dibantu oleh tabel konversi. Cara penghitungannya cukup sederhana yaitu dengan menggunakan tabel konversi TOEFL skor. Karena dalam tes TOEFL ITP ada tiga sesi ujian maka tabel tersebut juga terdiri dari 4 baris. Baris pertama berisi jumlah jawaban benar, baris kedua berisi konversi skor sesi 1, baris ketiga berisi konversi sesi 2 dan terakhir berisi konversi sesi 3. Kegunaan dari tabel tersebut adalah untuk mengetahui skor di setiap sesi jawaban yang benar. Setiap sesi akan memiliki skor yang berbeda. Pada sesi pertama memiliki jumlah soal 50 dengan skor terendahnya adalah 24 poin dan skor tertingginya adalah 68 poin. Selanjutnya pada sesi kedua memiliki jumlah soal 40 dengan skor terendah 20 poin dan tertingginya adalah 68 poin. Sedangkan untuk sesi ketiga jumlah soal 50 dengan skor terendah 21 poin dan skor tertinggi 67 poin.
Selanjutnya untuk menentukan skor dari setiap sesi, Anda dapat memulai menggunakan tabel konversi tersebut dengan cara jumlah jawaban yang benar dari setiap sesi di konversikan. Contoh: Jumlah jawaban benar sesi 1 adalah 33 maka konversi skornya adalah 52, jumlah jawaban benar sesi 2 adalah 25 maka konversi skornya 49, dan jumlah jawaban benar sesi 3 adalah 40 maka konversi skornya adalah 55. Setelah itu jumlahkan semua konversi skor yaitu 52 + 49 + 55 sehingga jumlahnya menjadi 156. Kemudian kalikan 10 maka hasilnya 1560 dan terakhir dibagi 3. Sehingga hasil akhir skor TOEFL ITP nya 520.
  • Penentuan Level
Sedangkan untuk cara penentuan levelnya Anda dapat menggunakan Skala seperti berikut:
  1. Skala 1 disebut C1 dengan skor 627 yang terdiri dari skor sesi Listening 64, Structure and Written Expression 64 dan Reading 63.
  2. Skala 2 disebut B2 dengan skor 543 yang terdiri dari skor sesi Listening 54, Structure and Written Expression 53 dan Reading 56.
  3. Skala 3 disebut B1 dengan skor 460 yang terdiri dari skor sesi Listening 47, Structure and Written Expression 43 dan Reading 48.
  4. Skala 4 disebut A2 dengan skor 337 yang terdiri dari skor sesi Listening 38, Structure and Written Expression 32 dan Reading 31.
Setelah selesai Anda mengetahui skala skor TOEFL ITP, langkah berikutnya adalah penentuan level Gold, Silver dan Bronze. Level Gold adalah C1, level Silver adalah B2 sedangkan level Bronze adalah B1. Demikian cara penghitungan dan penentuan level TOEFL ITP.

0 komentar:

Posting Komentar