Permainan Yang Dapat Mencerdaskan Anak


Mungkin, masih ada sebagian orang tua yang tidak menyukai jika anaknya lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain, padahal dunia anak adalah dunia bermain. Dan bermain juga ternyata banyak memiliki dampak positif untuk pertumbuhan dan perkembangan otak sang anak. terlebih jika waktu bermain sang anak dilalui dengan orang lain atau teman seusianya, maka anak akan mulai belajar bersosialisasi sejak kecil. Kini, berbagai macam permainan telah dikenal dan dimainkan oleh setiap anak dan juga orang tuanya. 

Namun, kita sebagai orang tua harus pintar dalam memilihkan permainan untuk sang anak, jangan sampai akhirnya dapat berdampak kurang baik bagi perkembangan otak sang anak. Dan perlu kita ketahui bahwa sekarang banyak jenis permainan yang data membantu kita untuk mencerdaskan otak sang anak. Dan berikut adalah beberapa permainannya yang dapat dengan mudah kita temukan di lingkungan sekitar kita.

Permainan yang pertama adalah lego. Mungkin, sebagian besar masyarakat sudah mengetahui akan permainan yang satu ini. Lego merupakan salah satu permainan yang sudah ada sejak zaman dahulu dan masih dikenal dan dimainkan sampai sekarang. Perlu kita ketahui, ternyata lego merupakan permainan yang dapat mendidik anak agar anak cerdas. Karena banyak aspek yang yang diajarkan dari permainan yang satu ini. hal-hal yang diajarkan dalam permainan ini diantaranya dapat mengenalkan anak pada beberapa warna, beberapa bentuk, beberapa ukuran dan juga melatih mata untuk tetap fokus dan jika lego dimainkan bersama teman-temannya, maka permainan lego akan dapat mengajarkan anak untuk belajar bekerja sama dalam menyelesaikan permainannya. Dan juga akan dapat mengajarkan kesabaran sejak kecil sehingga akan sangat bermanfaat saat dia dewasa kelak. Semua manfaat tersebut akan dapat membantu untuk membuat anak kita menjadi anak cerdas dalam setiap aspeknya.

Permainan yang kedua adalah puzzle. Puzzle merupakan salah satu permainan yang sudah dikenal dari dahulu. Menyelesaikan permainan puzzle akan dapat mengajarkan anak dalam hal konsentrasi untuk mengamati bentuk pola yang ada pada puzzle dan melatih diri anak untuk berpikir lebih keras dalam menyatukan banyak potongan gambar sampai terbentuk pada sebuah gambar yang utuh. Puzzle juga dapat melatih agar anak cerdas dalam hal kesabaran. Untuk dapat mendukung konsentrasi sang anak saat menyelesaikan permainannya kita dapat menyediakan susu, karena salah satu kandungan susu dapat membantu anak lebih konsentrasi dalam berbagai hal, seperti halnya susu dancow yang sudah terjamin dapat kita rasakan manfaatnya untuk sang anak. Itulah beberapa permainan yang dapat membantu kita mencerdaskan anak. Semoga bermanfaat.