Perhitungan Biaya Asuransi Mobil Baru Jika Klaim


Terdapat satu hal yang terkadang telah salah dipahami oleh pemegang polis asuransi mobil atau asuransi kendaraan baik itu kendaraan baru, kendaraan bekas, kendaraan rental ataupun kendaraan kredit melalui lesing yaitu mengenai biaya asuransi mobil ketika terjadi klaim. Banyak yang beranggapan bahwa jika mereka mengajukan klaim maka akan dikenakan biaya untuk klaim, padahal itu bukan biaya untuk klaim melainkan besar resiko yang memang masih menjadi tanggungan oleh pemilik kendaraan mobil tersebut. Untuk biaya asuransi mobil baru sendiri ketika mengajukan klaim sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga besaran biaya kalim asuransi mobil ini sama persis di semua perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. 

Adapun besarnya biaya klaim asuransi mobil yang sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah sebagai berikut:

  • Besar biaya klaim untuk jaminan all risk dan total loss kendaraan non truck atau bus:
          - Partial loss atau kerugian sebagian dan contructive total loss atau kerugian total yang diakibatkan oleh kecelakaan adalah sebesar Rp.300.000 per kejadian.
          - Actual total loss atau kerugian total karena barang/mobil telah hilang dicuri adalah sebesar 5% dari biaya pertanggungan.
  • Besar biaya klaim jaminan all risk dan total loss kendaraan truck atau bus:
          - Partial loss atau kerugian sebagian dan contructive total loss atau kerugian total yang diakibatkan oleh kecelakaan adalah sebesar Rp. 500.000 per kejadian.
          - Actual total loss atau kerugian total karena kendaraan telah hilang dicuri adalah sebesar 5% dari harga pertanggungan.
  • Biaya klaim asuransi mobil akubat kerugian yang disebabkan oleh bencana alam seperti banjir, gempa bumi atau tsunami dan diakibatkan oleh huru hara sabotase dan terorisme:
          - 10% dari nilai klaim yang disetujui, minimum Rp.500.000 per kejadian.

Hal tersebut diatas sudah dilakukan dengan baik oleh asuransi mobil simasnet, asuransi simasnet ini dapat memberikan jaminan asuransi yang paling lengkap. Itulah tadi informasi engenai biaya klaim asuransi mobil baru yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat.