Post Terbaru

Media Permainan Edukatif untuk Anak dari Boneka Tangan


Seperti yang telah kita ketahui, bahwasannya usia anak merupakan usia bermain. Di mana waktu yang digunakan oleh anak-anak sebagian besar ialah bermain. Hal tersebut memanglah wajar adanya, karena terdapat tahapan-tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang harus dilaluinya. Adapun ketika masa bermain seharusnya sudah terlewati, namun ia masih saja dalam tahap tersebut maka hal ini harus segera diatasi dengan tepat. Dikhawatirkan akan menimbulkan keterlambatan pada tahapan selanjutnya. Adapun untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak dalam berbagai aspek, terutama kecerdasan otak. Anda dapat menerapkan pendidikan pada tingkat usia dini atau yang saat ini lebih kita kenal dengan PAUD.

PAUD itu sendiri merupakan sistem pendidikan yang secara khusus dirancang dan dipersiapkan untuk anak-anak yang masih usia dini. Dengan penggunakan metode yang tepat sesuai dengan tahapan perkembangannya. Misalnya belajar sambil bermain, seperti memperkenalkan mereka cara membuat boneka tangan. Boneka adalah salah satu benda yang memiliki bentuk unik dan menarik, yang pada umumnya disenangi oleh anak-anak sebagai media permainan yang mereka pilih. Nah, adapun alat bermain tersebut supaya memberikan nilai edukasi yang tinggi. 

Anda dapat membuat boneka tangan tersebut menjadi boneka tersebut menjadi salah satu pemeran dalam dongeng yang akan anda berikan untuk si kecil. Sebagian besar anak-anak suka mendengarkan dongeng atau cerita, seperti dongeng fabel, dan lain sebagainya. Untuk membuat dongeng tersebut menjadi lebih bermakna dan memiliki karakter yang kuat, maka boneka tangan akan sangat membantu dan menunjang. Adapun untuk cara membuat boneka tangan itu sendiri cukuplah mudah, anda hanya perlu mempersiapkan bahan-bahan serta alat yang harus digunakan. 

Mulai dari kain perca atau kertas atau bahkan kaos kaki, kemudian pena, gunting, perekat, dan bahan lain yang anda butuhkan sebagai penghias untuk menjadikannya lebih menarik. Agar boneka tangan tersebut disukai oleh anak-anak, serta dapat menjadi alat yang menstimulasi perkembangan mereka, maka perhatikanlah dalam pemilihan bahan, kemudian warna, serta karakter boneka itu sendiri.